JudulHubungan Kebiasaan Membaca Buku Biologi Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMA Negeri 9 Palu |
Nama: NURFA'IDAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nurfa’idah, 2024. “Hubungan Kebiasaan Membaca Buku Biologi dan Hasil Belajar Biologi pada Siswa SMA Negeri 9 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS TADULAKO, PALU. Pembimbing: (I) Gamar B.N. Shamdas, (II) Musdalifah Nurdin. Kebiasaan membaca adalah perilaku atau perbuatan membaca yang telah mengadaptasi, bersifat terus menerus dari waktu ke waktu, yang ditandai oleh adanya kemantapan yang mencakup keinginan atau kemauan. Dengan membaca pelajar dapat memperluas wawasan dan pandanganya, dapat menambah dan membentuk sikap hidup yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan kebiasaan membaca buku Biologi dan hasil belajar Biologi pada siswa SMA Negeri 9 Palu dan mendeskripsikan kedekatan hubungan kebiasaan membaca buku biologi dan hasil belajar biologi pada siswa SMA Negeri 9 Palu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 9 Palu sebanyak 42 siswa dengan menggunakan teknik Saturated Sampling (sampling jenuh). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, angket pendukung dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa skor angket kebiasaan membaca 78,57%, dikategori rendah dan rata-rata hasil belajar siswa 78,57%, dikategori sangat baik. Kedekatan hubungan kebiasaan membaca buku Biologi dan hasil belajar Biologi siswa SMA Negeri 9 Palu diperoleh nilai Pearson Correlation sebesar berada di interval koefisien antara 0,40-0,599 dengan tingkat hubungan sedang yang artinya variabel X dan Y menunjukan hubungan yang signifikan positif namun tidak terlalu kuat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Kebiasaan Membaca, Membaca |