Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII Di SMPN 10 Sigi
Nama: ZULFANA
Tahun: 2024
Abstrak
Zulfana. 2024 : Pengaruh Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VII SMPN 10 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako: Pembimbing (I) Musdalifah Nurdin (II) Raya Agni Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pentingnya pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas VII Di SMPN 10 Sigi. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasy exsperiment). Sampel penelitian ini berjumlah 55 siswa. teknik yang digunakan di dalam penelitian ini adalah observasi minat belajar siswa, wawancara dan tes posttest. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi minat belajar siswa, wawancara dan tes Posttest. Data analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan dengan presentase rata-rata nilai, belajar siswa meningkat pada kelas eksperimen 92,5% (Sangat baik), sedangkan pada kelas kontrol 76,2% (Baik). Maka terdapat pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar terhadap minat siswa pada mata pelajaran IPA biologi kelas VII di SMPN 10 Sigi. Semakin baik pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, semakin besar minat belajar siswa. Kata kunci: lingkungan sekolah, sumber belajar, minat belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up