JudulFaktor Kesulitan Guru Biologi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 4 Palu |
Nama: NURLIRA MEI WIDHIYANTI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurlira Mei Widhiyanti, 2024. “Faktor Kesulitan Guru Biologi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Palu”. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : (I) Mohammad Jamhari, (II) Yulia Windarsih. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang lebih sederhana dan fleksibel akibatnya, guru fokus pada hal-hal penting dan siswa menjadi lebih aktif dalam menanggapi minat mereka, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menggambarkan faktor kesulitan guru biologi dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil angket Faktor Kesulitan Guru Biologi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Palu masuk dalam kategori sulit dengan nilai tertinggi terdapat pada kesiapan rencana pembelajaran dengan nilai persentasi 58,3 dan terdapat pada kesiapan pelaksanaan pembelajaran dengan nilai persentasi 66,7 adapun evaluasi penilaian pembelajaran dengan nilai persentasi 87,5. Hasil wawancara guru biologi terkait kesulitan dalam penerapan Kurikulum Merdeka terdapat pada kesiapan rencana pembelajaran, kesiapan pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi penilaian pembelajaran. Kata Kunci : Kesulitan guru, Penerapan, Kurikulum Merdeka |