JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIIIA SMP NEGERI 5 SOJOL |
Nama: SULISTIANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Sulistiani, 2024. Penerapan model Outdoor Learning untuk meningkatkan minat dan kreativitas belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi kelas VIIIA SMP Negeri 5 Sojol, Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan dan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Masrianih (2) Raya Agni. Tujuan yang diharapkan dari dilaksanakannya penelitian ini antara lain untuk megetahui penerapan model pembelajaran Outdoor Learning dalam meningkatkan minat dan Kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi kelas VIIIA SMP Negeri 5 Sojol. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Sojol Kecematan Sojol Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah. Adapun awal penelitian dilaksanakan pada bulan Mei semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 21 orang siswa yang berada pada kelas VIIIA SMP Negeri 5 Sojol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tehnik wawancara, observasi, kuesioner serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Penggunaan model pembelajaran outdoor learning mampu meningkatkan minat belajar siswa. Dibuktikan dengan peningkatan 9% minat belajar siswa, yakni dari 74,40% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II, (2). Penerapan model Outdoor Learning pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentasi sebesar 72% pada siklus I meningkat menjadi 85% pada siklus II meningkat sebesar 13%. Kata Kunci : Outdoor learning, minat, kreativitas belajar. |