JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Palu |
Nama: ALMAGFIRA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 14 palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment (Eksperimen semu), desain penelitian adalah desain pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 14 palu menggunakan dua kelas sebagai sample penelitian yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 31 siswa dengan menggunakan teknik Random Sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes soal dan angket. Instrument penelitian menggunakan modul ajar, tes soal dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t diperoleh hasil motivasi belajar yaitu besar 0,000 <0,005 dan hasil belajar sebesar 0,000 <0,005 sehingga berpengaruh secara signifikan. Hal ini juga dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar pertemuan akhir dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 83% sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 62%. nilai rata-rata hasil belajar posstest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 82 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 52. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. |