JudulPersepsi Siswa Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru IPA Di SMP Negeri 7 Palu |
Nama: FABILKA AURA PIRNIKA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Fabilka Aura Pirnika, 2024. “Persepsi Siswa tentang Variasi Gaya Mengajar Guru IPA di SMP Negeri 7 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Aan Febriawan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru IPA di SMP Negeri 7 Palu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dan IX Tahun Pelajaran 2023/2024 berjumlah 315 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket, yang akan diberikan pada siswa yang merupakan sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian mengenai persepsi siswa tentang variasi gaya mengajar guru IPA di SMP Negeri 7 Palu, peneliti menarik kesimpulan bahwa guru IPA melakukan gaya mengajar yang bervariasi, antara lain gaya mengajar klasik (75%), gaya mengajar interaksional (78%), gaya mengajar teknologis (76%), dan gaya mengajar personalisasi (78%). Adapun persepsi dari setiap siswa tentang variasi gaya mengajar guru IPA yaitu, dari 80 siswa sebanyak 60?rpersepsi “baik”, dan sebanyak 40?rpersepsi “sangat baik”. Untuk persepsi keseluruhan siswa tentang variasi gaya mengajar guru IPA di SMP Negeri 7 Palu yaitu, sebesar 77?ngan kategori “baik”. Kata kunci: Persepsi, Gaya Mengajar, Pelajaran IPA. |