Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIdentifikasi Jenis-Jenis Tumbuhan Di Sekitar Lingkungan SMA Negeri 1 Palu Dan Pemanfaatannya Sebagai Sumber Belajar
Nama: NUR RAHMA
Tahun: 2024
Abstrak
Nur Rahma, 2024. “Identifikasi Jenis-Jenis Tumbuhan di Sekitar Lingkungan SMA Negeri 1 Palu dan Pemanfaatannya Sebagai Sumber Belajar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : (1) Astija, dan (2) Vita Indri Febriani. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis- jenis tumbuhan yang terdapat di sekitar lingkungan SMA Negeri 1 Palu dan menentukan kelayakan flipbook mengenai identifikasi jenis-jenis tumbuhan di sekitar lingkungan SMA Negeri 1 Palu sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei dan teknik jelajah. Penelitian ini dilakukan di sekitar lingkungan SMA Negeri 1 Palu pada bulan Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis tumbuhan yang ditemukan sebanyak 50 species, diantaranya yaitu Maranta arundinacea, Alocasia macrorrhizos, Euphorbia tithymaloides, Alocasia cucullata, Pilea microphylla, Oxalis corniculata, Peperomia pellucida, Graptophyllum pictum, Tabernaemontana divaricata, Syzygium polyanthum, Aglaonema rotundum, Drimiopsis maculata, Ledebouria socialis, Chlorophytum comosum, Homalomena rubescens, Zamioculcas zamiifolia, Chlorophytum orchidastrum, Heliconia rostrata, Clitoria ternatea, Syzygium oleana, Macaranga tanarius, Euphorbia umbellata, Tradescantia pallida, Pseuderanthemum maculatum, Acalypha indica, Dypsis lutescens, Cycas revoluta, Asplenium nidus, Ixora coccinea, Codiaeum variegatum, Catharanthus roseus, Bougainvillea glabra, Bougainvillea buttiana, Adenium obesum, Excoecaria cochinchinensis, Polyscias scutellaria, Duranta erecta, Pterocarpus indicus, Asystasia gangetica, Mangifera indica, Monoon longifolium, Ehretia microphylla, Musa acuminata, Dracaena trifasciata, Dracaena angolensis, Aglaonema commutatum, Cordyline fruticosa, Agave demeesteriana, Alocasia micholitziana, dan Dracaena hyacinthoides. Tumbuhan tersebut terbagi menjadi 24 familia dan 5 habitus, baik tumbuhan yang tumbuh secara liar maupun tumbuhan yang dibudidayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan liar yang ditemukan terdiri dari 5 familia yaitu sebanyak 5 species dan tumbuhan budidaya yang ditemukan terdiri dari 21 familia yaitu sebanyak 45 species. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar berupa flipbook. Berdasarkan hasil persentase penilaian kelayakan yang dilakukan oleh 3 dosen validator ahli (isi, desain, dan media) dan uji coba kepada siswa, menunjukkan bahwa hasil validasi kelayakan sumber belajar dalam bentuk flipbook sangat layak digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran dengan persentase sebesar 89%. Kata Kunci: Tumbuhan, SMA Negeri 1 Palu, Sumber Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up