JudulPENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS X SMA KATOLIK SANTO ANDREAS PALU |
Nama: PRISKA ERVILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Priska Ervila, 2024. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu.Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Juruasan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Mursito S. Bialangi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menerima materi dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar (65,5%) dan meningkat pada siklus II mencapai (90,5%). Hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar (62%) dan meningkat pada siklus II mencapai (87%) dan hasil pencapaian tes hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65,6?n mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,8?ngan kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X SMA Katolik Santo Andreas Palu pada materi biologi menjadi meningkat setelah memperoleh pembelajaran pendekatan kontekstual Kata kunci: Hasil belajar, Pendekatan kontekstual |