Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X M 1 SMAN 5 MODEL PALU
Nama: SITI NURHALIZA JUNAEDI
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Siti Nurhaliza Junaedi, 2024. Penerapan Metode Penugasan Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X M 1 SMAN 5 Model Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Masrianih, dan Pembimbing (2) Syech Zainal. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Model Palu pada bulan Mei sampai dengan Juni 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi dengan menerapkan metode penugasan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini hanya membutuhkan 2 siklus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kuantitatif dikumpulkan melalui observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 66,66?n pada siklus II 89,38%. Hasil observasi guru pada siklus I memperoleh skor 85,91?n pada siklus II 95,15%. Sedangkan data kualitatif yaitu hasil tes siswa pada siklus I 75,75?n pada siklus II 84,84%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi yang diajarkan dapat dipahami oleh siswa, kesimpulannya metode penugasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Penugasan, Pembelajaran Biologi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up