JudulPENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG BIOLOGI DIKELAS VIII SMP NEGERI 19 SIGI |
Nama: GEBRIELA KALILO |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Gebriela Kalilo, 2024. “Pengaruh Motivasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi di Kelas VIII di SMPN 19 Sigi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Raya Agni. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh motivasi orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi Kelas VIII SMPN 19 Sigi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitian yang dipilih adalah jenis penelitian ex-post facto. Jenis penelitian ini dipilih dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen (motivasi orang tua) terhadap variabel dependen (hasil belajar siswa) tentang biologi Kelas VIII SMPN 19 Sigi. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang tua siswa kelas VIII SMPN 19 Sigi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Observasi, Angket dan dokumentasi. Selanjutnya data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Analisis ini menguji pengaruh variabel independen (Orang Tua dan Siswa) terhadap variabel dependen (Hasil Belajar) dan mengevaluasi keseluruhan model regresi. Metode yang Digunakan: Regresi linear berganda, dengan hasil signifikansi Model: Nilai signifikansi F adalah 0,350 (lebih besar dari 0,05), menunjukkan bahwa model secara keseluruhan tidak signifikan secara statistik. Artinya, variabel independen dalam model tidak menjelaskan variasi dalam variabel dependen dengan baik. R Square: Nilai R square adalah 0,075, yang berarti hanya 7,5% variasi dalam Hasil Belajar dapat dijelaskan oleh variabel Orang Tua dan Siswa. Ini menunjukkan kemampuan prediksi model yang rendah. Signifikansi Variabel Individual: Orang Tua: Nilai signifikansi 0,182 (lebih besar dari 0,05), menunjukkan bahwa variabel ini tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar. Siswa: Nilai signifikansi 0,972 (lebih besar dari 0,05), menunjukkan bahwa variabel ini juga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar. Kata Kunci: Motivasi Orang Tua, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran Biologi. |