JudulPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 4 Bolano Pada Mata Pelajaran IPA |
Nama: FARIDA WIDI ASTUTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Farida Widi Astuti, 2025. "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 4 Bolano Pada mata pelajaran IPA". Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mursito S. Bialangi (2) Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bolano yang berjumlah 20 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan yang baik dalam minat untuk belajar siswa, yaitu pada siklus I sebesar 67,74% kategori sedang dan pada siklus II sebesar 85% kategori tinggi artinya mengalami peningkatan 17,26%. Maka dengan hasil ini mencapai target kriteria keberhasilan minat belajar. Kata kunci: minat belajar Problem Based Learning (PBL), pembelajaran IPA |