JudulMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 2 SMAN 8 PALU PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING |
Nama: DEVI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 2 SMAN 8 Palu pada pembelajaran biologi melalui model discovery learning. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc Taggart yang terbagi menjadi dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 SMAN 8 Palu yang berjumlah 27 siswa. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis dan sumber data penelitian yang digunakan adalah jenis data kualitatif dan kuantitatif serta sumber data dari guru biologi kelas XI IPA SMAN 8 Palu. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif yaitu nilai yang di peroleh pada siklus I adalah 59 meningkat pada siklus II yaitu 83. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan dengan menggunakan rumus data kuantitatif dan kualitatif. Melalui aspek afektif jumlah siswa 27 dengan nilai ?70 pada siklus I yaitu (67%), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II (81%). Sedangkan pada aspek psikomotorik diperoleh hasil dengan jumlah 27 siswa dengan nilai ?70 pada siklus I (81%) meningkat pada siklus II (100%). Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA 2 di SMAN 8 Palu. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar |