JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Biologi Di SMP Negeri 2 Dampal Selatan |
Nama: RISKA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Riska, 2023. “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 2 Dampal Selatan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mursito S Bialangi (2) Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Biologi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division di SMP Negeri 2 Dampal Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIIB dengan jumlah siswa 20 orang. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada motivasi awal siklus I terdapat 65% yang berada pada kategori sangat tinggi, dan 35?lam kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terdapat 85% yang berada pada kategori sangat tinggi, dan sebesar 15% kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 20%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 40% sehingga belum mencapai kriteria ketuntasan maksimum. Sedangkan pada siklus II sebesar 85?n termasuk dalam kategori cukup dalam ketuntasan klasikal sebesar 70%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division mengalami peningkatan sebesar 45%. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA biologi di SMP Negeri 2 Dampal Selatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division, Motivasi dan Hasil Belajar |