JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEAKTIFAN SISWA SMP KATOLIK SANTO PAULUS PALU PADA MATA PELAJARAN IPA |
Nama: LUCITANIA SANDA TODING |
Tahun: 2023 |
Abstrak Lucitania Sanda Toding, 2023. “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keaktifan Siswa SMP Katolik Santo Paulus Palu”. Skripsi. Program Studi Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mursito Bialangi (2) Samsurizal M. Suleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa dalam kelas pada mata pelajaran IPA di SMP Katolik Santo Paulus Palu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP Katolik Santo Paulus Palu yang berjumlah 47 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan keaktifan siswa SMP Katolik Santo Paulus Palu pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 21 setelah diberikan perlakuan untuk kelas eksperimen maka hasil yang diperoleh yaitu kelas eksperimen memiliki peningkatan rata-rata yang signifikan sebesar 82,52 dan untuk kelas kontrol sebesar 62,46. Untuk keaktifan siswa pada kelas eksperimen sebesar 85?n kontrol 75% didapatkan hasil kelas eksperimen memiliki kriteria sangat baik dan kelas kontrol memiliki kriteria tinggi. Kata Kunci : Model problem based learning, Berpikir kritis, Keaktifan siswa, Pembelajaran IPA |