JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Petasia |
Nama: SUCI RAMADHANY |
Tahun: 2023 |
Abstrak Suci Ramadhany, 2023. “Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Petasia”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Lilies (2) Mohammad Jamhari. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan membuat proses tersebut menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Petasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Petasia Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling (sampel pertimbangan) dimana peneliti menentukan pengambilan dengan cara menetapkan ciri-ciri. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung = 5.22 > ttabel = 2.001. Sehingga H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 1 Petasia. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Hasil Belajar |