Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMA Negeri 2 Pamona Selatan
Nama: NI KETUT NOVIANI
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Ni Ketut Noviani, 2023. “ Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Siswa SMA Negeri 2 Pamona Selatan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Lilies (2) Mursito S. Bialangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMA Negeri 2 Pamona Selatan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Desain Pre-Test and Post-Test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel dalam penelitian ini yaitu XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMA Negeri 2 Pamona selatan yang berjumlah 48 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling populasi atau sampel jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (uji t) dengan uji prasyarat asumsi yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data penelitian dengan uji t yang berbantuan aplikasi SPSS versi 25 pada hasil belajar siswa diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000<0,05. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMA Negeri 2 Pamona Selatan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMA Negeri 2 Pamona Selatan. Maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi pada siswa SMA Negeri 2 Pamona Selatan. Kata Kunci: Pengaruh, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up