JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMA NEGERI 5 PALU |
Nama: DIMAS T. JODANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Dimas T. Jodana, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Dr. Lilies, M.P dan Pembimbing (II) Raya Agni, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI di SMA Negeri 5 Palu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin, yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 33 siswa kelas XI MIPA 3. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Observasi aktivitas guru meningkat dari 69,6% pada siklus I menjadi 80,8% pada siklus II. Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 67,8% pada siklus I menjadi 81,6% pada siklus II. Sementara itu, hasil belajar siswa meningkat dari 78,13% pada siklus I menjadi 81,1% pada siklus II. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi kelas XI di SMA Negeri 5 Palu. Kata Kunci: Kooperatif tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi |