JudulPenerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Sigi |
Nama: YULINDA FLORENSIA BANIBI |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Yulinda, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Amalia Buntu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada model Kemmis & MC Taggart yang dilaksanakan secara bersiklus dan terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Sigi yang berjumlah 37 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi keterampilan komunikasi siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi keterampilan komunikasi siswa pada siklus 1 dengan nilai presentase 72,5%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus 2 yakni nilai presentase 82,6%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 sebesar 87,5?n lebih meningkat pada siklus 2 mencapai 96,25%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus 1 menunjukkan kriteria taraf keberhasilan “cukup”, dan meningkat pada siklus 2 dengan kriteria taraf keberhasilan “baik”. Dari hasil observasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Sigi. Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Komunikasi |