Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Sigi
Nama: SRI RAHAYU
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Ayu, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Sigi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembingbing (1) Mohammad Jamhari (2) Amalia Buntu. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture di kelas VIII SMP Negeri 19 Sigi. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada tahapan PTK model Kurt Lewin yang terbagi menjadi dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Sigi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan posttest dan lembar observasi. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 88,96?n meningkat pada siklus II mencapai 97,78%. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 70,67 dan 82,67. Dari 30 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan menjadi 25 siswa (82,67%) pada sikluss II, dibandingkan dengan siklus I hanya sebanyak 13 siswa (70,67%). Hasil tersebut telah memenuhi KKM yang ditentukan yaitu sebesar 75, sehingga menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 19 Sigi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Picture and Picture, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up