Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI KELAS VIII A SMP NEGERI 19 SIGI
Nama: DIAN DWI LESTARI
Tahun: 2023
Abstrak
Dian, 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi Kelas VIII A SMP Negeri 19 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Syech Zainal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match pada mata pelajaran IPA Biologi di kelas VIII A SMP Negeri 19 Sigi. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu pada tahapan PTK model Kurt Lewin yang terbagi menjadi dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 19 Sigi yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan posttest dan lembar observasi. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 84,03?n meningkat pada siklus II mencapai 90,28%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I menunjukkan kriteria taraf keberhasilan rata-rata “cukup”, dan meningkat pada siklus II dengan taraf keberhasilan rata-rata “baik”. Data hasil belajar yang diperoleh pada aspek kognitif, mengalami peningkatan menjadi 26 siswa (82,67%) pada siklus II, dibandingkan dengan siklus I hanya sebanyak 16 siswa (70,33%). Melalui aspek afektif jumlah siswa dengan nilai ?75 pada siklus I yaitu sebanyak 22 siswa (73,33%), kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 28 siswa (93,33%). Sedangkan pada aspek psikomotorik diperoleh hasil masing-masing pada siklus I dan II yaitu sebanyak 17 siswa (56,67%) mencapai nilai ?75 bertambah menjadi 23 siswa (76,67%). Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi Kelas VIII A di SMP Negeri 19 Sigi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up