Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MATERI BIOLOGI PADA SISWA SMP KATOLIK SANTO PAULUS PALU
Nama: MARIA JUNITA BATURANDAN
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IXA SMP Katolik Santo Paulus Palu yang berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah menerima materi dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar (82,5%) dan meningkat pada siklus II mencapai (87,1%). Hasil observasi aktivitas siswa siklus I sebesar (72,9%) dan meningkat pada siklus II mencapai (83,1%) dan hasil pencapaian tes berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 78,27?n mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,82?ngan kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas IXA SMP Katolik Santo Paulus Palu pada materi biologi menjadi meningkat setelah memperoleh pembelajaran Project Based Learning. Kata kunci: Berpikir Kritis, Project Based Learning (PjBL) ? ABSTRACT This study aims to improving critical thinking ability by using Project Based Learning (PjBL) model. The research was conducted with a class action research design (CAR). The subjects of this study were 21 students of class IXA at SMP Katolik Santo Paulus Palu. The research instrument uses observation sheets and test sheets. The results showed that there was an increase in students critical thinking ability after receiving material using a learning Project Based Learning model. The results of observations of teacher activity in cycle I amounted to (82,5%) and increased in cycle II to reach (87,1%). The results of observations of student activity in cycle I amounted to (72,9%) and increased in cycle II to reach (83,1%) and the achievement results of students critical thinking tests in cycle I amounted to 78.27% and experienced an increase in cycle II to 84.82 % with high category. These results indicate that the critical thinking ability of class IXA students at SMP Katolik Santo Paulus Palu in biology material increased after learning Project Based Learning. Keywords: Critical thinking, Project Based Learning (PjBL) ?

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up