Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 MEPANGA
Nama: ANGELA NIKEN RISANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Angela Niken Risanti, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Mepanga”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Lilies (2) Mursito S. Bialangi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Mepanga. Penelitian ini merupakan penelitia Quasy Eksperimen Design dengan bentuk desain penelitian Posttest-Only Control Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di SMAN 1 Mepanga yang berjumlah 58 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Mepanga, terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Mepanga. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan menggunakan SPSS versi 28 dimana nilai Sig (2-tailed) = 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikasi antara model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Mepanga. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif; Numbered Head Together; Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up