Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Blended Learning Berbasis MOODLE Pada Pembelajaran Biologi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII Di MAN 2 Kota Palu
Nama: MOH. FIKRI
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan blended learning berbasis MOODLE terhadap hasil belajar peserta didik tentang biologi di kelas XII MAN 2 Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental method) dengan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan blended learning berbasis MOODLE berpengaruh positif pada hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) pada uji Mann-Whitney Test yaitu 00.011 < 0.05. Nilai ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal itu ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada uji N-gain sebesar 67% untuk kelas eksperimen sementara rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol 51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata secara signifikan (nyata) hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up