Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Problem Based Learing (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi Di SMP Negeri 20 Palu
Nama: MUTHIA ALLYA SAFITRI
Tahun: 2025
Abstrak
Muthia Allya Safitri, 2024.“Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Biologi SMP Negeri 20 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Hayyatun Mawaddah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata Pelajaran Biologi di SMPN 20 Palu. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen dengan desain pretest-posstest nonequivalent control grup design yang melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas VII yang berjumlah 116 orang peserta didik terdiri atas 4 rombongan belajar yaitu, kelas VIIA berjumlah 32 peserta didik, kelas VIIB 32 peserta didik, kelas VIIC 27 peserta didik dan kelas VIID 25 peserta didik dengan sampel yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes, lembar observasi dan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan jenis data terdiri atas data primer bersumber dari hasil pretest dan posttest peserta didik sedangkan data sekunder bersumber dari lembar data observasi, lembar kerja peserta didik (LKPD), serta foto/video dokumentasi yang bersumber dari siswa dan guru. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji parametrik (Uji t) yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dimana data pretest pada kelas eksperimen diperoleh nilai thit 0,691 < ttab> ? (0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa H0 diterima dan Ha ditolak, maka dapat dinyatakan bahwa tidak ada perbedaan data pretest kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kontrol sedangkan pada data posstest diperoleh nilai thit 5,256 ? - ttab(62;0,05) 1,670, hasil tersebut diperkuat nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 ? ? (0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat dinyatakan bahwa adanya perbedaan data posstest kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran biologi di SMPN 20 Palu. Kata Kunci : Problem Based Learning, Pemecahan Masalah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up