JudulUJI EFEKTIVITAS KOMBINASI EKSTRAK DAUN SALAM (Syzygium Polyanthum) DAN KAYU MANIS (Cinnamomum Burmanii) SEBAGAI REPELLENT TERHADAP NYAMUK Aedes Aegypti DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN |
Nama: NELDA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Nelda, 2025. “Uji Efektivitas Kombinasi Ekstrak Daun Salam (Syzygium Polyanthum) Dan Kayu Manis (Cinnamomum Burmanii) Sebagai Repellent Terhadap Nyamuk Aedes Aegypti Dan Pemanfaatannya Sebagai Sumber Pembelajaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: (I). Sutrisnawati (II). Achmad Ramadhan. Tanaman salam (Syzygium polyanthum) merupakan tanaman dari famili Myrtaceae memiliki bau wangi dan mengandung beberapa senyawa diantaranya ialah minyak atsiri, flavonoid dan tannin. Kayu manis (Cinnamomum burmanii) salah satu tanaman yang diketahui memiliki daya penolak nyamuk. Minyak atsiri tanaman kayu manis mempunyai kandungan eugenol yang mampu menolak gigitan nyamuk Aedes aegypti. Repellent ialah yang dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menentukan efektivitas kombinasi daun salam (Syzygium polyanthum) dan kayu manis (Cinnamomum burmanii) sebagai repellent terhadap nyamuk Aedes aegepti. Metode penelitian yang digunakan yaitu laboratorium eksperimental dengan rancangan penelitian menggunakan RAL yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 pengulangan. Ekstrak kombinasi daun salam dan kayu manis yang digunakan yaitu konsentrasi 5%, konsentrasi 10%, konsentrasi 15%, konsentrasi 20 %, dan kontrol positif untuk repellent Aedes aegypti. Hasil penelitian menunjukan bahwa kombinasi ekstrak daun salam (Syzygium polyanthum) dan kayu manis (Cinnamomum burmanii) efektif sebagai repellent terhadap nyamuk Aedes aegypti pada konsentrasi 20%. Hasil penelitian ini cukup layak dijadikan sumber pembelajaran dalam bentuk penuntun praktikum. Kata Kunci: Syzygium polyanthum, Cinnamomum burmanii, Repellent, Aedes aegypti, Sumber Pembelajaran |