JudulPengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri 1 Sidoan |
Nama: FEBRIANTI E UNO |
Tahun: 2024 |
Abstrak Febrianti E Uno, 2023. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMA Negeri 1 Sidoan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mursito S. Bialangi (2) Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA biologi di SMA Negeri 1 Sidoan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Sidoan yang berjumlah 48 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas XII IPA1 dam 23 siswa kelas XII IPA2. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Sampling Jenuh. Hasil penelitian dikumpulkan melalui penyebaran angket, soal pilihan ganda dan nilai rekapan semester. Teknik analisis data untuk analisis kuantitatif pada uji hipotesis adalah uji regresi linier sederhana dan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil data penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai signifikan 0,033 < 0,05 artinya H01 ditolak dan Ha1 diterima. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikan 0,023< 0,05 artinya H02 ditolak dan Ha2 diterima. 3) Hasil analisis deskriptif keterampilan mengajar guru berada pada kategori baik dengan persentase 60,4%, kemampuan berpikir kritis siswa berada pada kategori kritis dengan persentase 58,3?n hasil belajar siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 58,3%. Kata Kunci: Keteampilan Mengajar Guru, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Siswa |