Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sigi
Nama: MUHALLIZA
Tahun: 2024
Abstrak
Muhalliza, 2023. “Pengaruh Pembelajaran Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN SIGI”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Hj Masrianih. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Pembelajaran Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa MAN SIGI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), dengan menggunakan desain posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN SIGI yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 36 siswa. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas XI IPA2 yang berjumlah 18 siswa sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis independent sample t tes dengan bantuan aplikasi SPSS windows versi 16. Hasil analisis data diperoleh nilai sig. (2/tailed) yaitu 0,002 < 0,05 artinya H? ditolak dan H? diterima, dengan demikian terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IPA MAN SIGI.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up