JudulIdentifikasi Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas VIII SMP NEGERI 19 Palu |
Nama: JOSHUA DWI CAESAR WARUWU |
Tahun: 2022 |
Abstrak Joshua Dwi Caesar Waruwu, 2022. Identifikasi Faktor Faktor Kesulitan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Skripsi. Program studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing : (I). Samsurizal M. Suleman, (II). Astija. Kesulitan belajar diakibatkan oleh beberapa hal seperti kurangnya motivasi, sarana dan prasarana sekolah yang belum maksimal, kurangnya perhatian orang tua, daya serap siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di SMP Negeri 19 Palu di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 19 Palu yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal indikator yang paling mendominasi kesulitan belajar adalah Sikap. Sedangkan pada faktor eksternal, indikator yang paling mendominasi kesulitan belajar adalah kegiatan praktikum. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Biologi. |