JudulANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 1 SINDUE TOBATA |
Nama: DESTIANA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Destiana, 2024, Analisis Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Skripsi. Program studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Syech Zainal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Sindue Tobata. Dengan menggunakan metode Deskriptif kualitatif, metode ini menggambarkan keadaan ditempat pengamatan dilakukan serta mendeskripsikan secara faktual, data-data yang diambil adalah data yang di peroleh dari fakta-fakta sampel yang telah diteliti dan populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, XII SMA Negeri 1 Sindue Tobata pada tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan angket faktor kesulitan belajar kemudian data dianalisis dengan analisis deskripsif dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa pada faktor internal yaitu pada faktor motivasi dengan persentase 78%. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu faktor keluarga untuk indikator perhatian orang tua 73%, faktor sekolah pada indikator metode mengajar 82%, waktu belajar 78%, dan kegiatan praktikum 92%. Berdasarkan data kesulitan belajar biologi yang paling dominan adalah kegiatan praktikum. Kata kunci : Kesulitan Belajar, Mata Pelajaran Biologi |