Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 PALU
Nama: NOVITASARI
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK Kemampuan literasi sains yang rendah bagi siswa sebagian besar siswa indonesia berdasarkan skor PISA menunjukkan skor rata-rata siswa masih jauh dibawah rata-rata internasional. Pada abad 21 manusia dituntut memiliki kualitas yang berkemampuan dalam teknologi, berpikir kritis, kreatif dan mampu menyelesaikan masalah. rendahnya hasil belajar salah satu faktor menyebabkan rendahnya kemampuan literasi sains. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan antara kemampuan literasi sains dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 21 Palu. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Palu, dan sampel kelas VIII sebanyak 35 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal Tes Kemampuan Literasi Sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan literasi sains sebesar 0,59 dan hasil belajar 86,37. Berdasarkan analisis statistik, terlihat bahwa adanya hubungan yang signifikan kemampuan literasi sains dengan hasil belajar. koefisien korelasi r = 0.734, signifikansi t = 6,191. Hal ini menjelaskan bahwa siswa mampu menjelaskan konsep sains dengan benar tetapi pemahaman terhadap sains sangat kurang. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Sains, Hasil Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up