Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEfektivitas Penggunaan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Di Kelas VIII MTsN 2 Donggala
Nama: ANNISA ILHUSNA
Tahun: 2022
Abstrak
Annisa Ilhusna, 2022. “Efektivitas Penggunaan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi di Kelas VIII MTsN 2 Donggala”. Skripai. Program Studi Pedidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Andi Tanra Tellu (2) Aan Febriawan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas penggunaan google meet terhadap peningkatan hasil belajar siswa di kelas VIII MTsN 2 Donggala. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah time series design. Desain penelitian ini memungkinkan pemberian pretest dan posttest kepada semua subjek penelitian, semua kelas eksperimen diberikan perlakuan proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google meet yang sama pula. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling populasi atau sampel jenuh karena dari populasi ketiga kelas tidak mencapai nilai 100 orang dalam sampel. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan google meet efektif terhadap hasil belajar siswa tentang IPA Biologi di Kelas VIII MTsN 2 Donggala sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Pada uji N-Gain score 0,3?0,6<0,7 yang berarti hasil belajar siswa meningkat dengan kategori sedang dan berdasarkan uji t-test bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0.006<0.05 dengan arti bahwa penggunaan aplikasi google meet pada pembelaajaran IPA biologi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Didukung perolehan hasil angket 80% siswa menyukai pembelajaran menggunakan google meet. Kata kunci: Google Meet, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA Biologi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up