JudulPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 BALAESANG TANJUNG |
Nama: VICKY SAPUTRA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA kelas VIII A di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung yang berjumlah 20 siswa. Pengambilan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA kelas VIII A di SMP Negeri 1 Balaesang Tanjung, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa hingga mencapai ketuntasan sesuai dengan standar ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 65%. Adapun persentase ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I hanya mencapai 60% sedangkan pada siklus II mencapai 90%, hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan yang signifikan. Persentase aktivitas guru dalam penerapan metode pembelajaran ini mencapai 68,75% pada siklus I sedangkan pada siklus II mencapai 96?ngan kategori sangat baik. Selain itu, persentase aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II mencapai 97,3% yang termasuk kategori sangat baik. |