JudulEfektifitas Penggunaan Kahoot Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Biologi Di SMA Negeri 5 Palu |
Nama: GUNAWAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefe- ktifan penggunaan Kahoot dalampembelajaran bio- logi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri5 Palu. Jenis penelitianyang digunak- anadalah penelitian eksperimen semu (QuasiEksp- eriment), dengan menggunakan desain pretest- posttest control grup design.Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen denganmenggunakan game Kahoot dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol tanpamenggunakan Kahoot. Hasil belajaryangdiperoleh siswapada awalpembelajarandengan pemberian pretest, pada kelaskontrol sebesar 46,36 dan kelaseksperimen sebesar 49,71 . Pada pemberian posttest di akhir pembelajaran dengan perolehankelas kontrol seb- esar 61,52 dan kelas eksperimen sebesar 73,97. Berdasarkananalisis data hasil uji t-test, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Kahootsignifik- anterhadap hasil belajar siswakelas XI MIPA SMANegeri 5 Palu. |