JudulKemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako |
Nama: ROSANTI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Rosanti, 2025. “Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako”. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Lilies (2) Mursito S. Bialangi. Literasi sains merupakan kompetensi yang harus dimiliki seorang guru maupun calon guru di abad 21 untuk meningkatkan kualitas Pendidikan dan sebagai pengembangan profesional berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan biologi FKIP Universitas Tadulako. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako sebanyak 562 orang dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2019, 2020,2021, dan 2022 menggunakan teknik quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil dari kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 52,62% (59 responden). Dilihat dari masing-masing indikator yaitu: 1) Aspek konteks masuk dalam kategori baik dengan persentase 57,14% (64 responden) . 2) Aspek konten masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 50,89% (57 responden). 3) Aspek kompetensi masuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 41,07% (46 responden). 4) Aspek sikap masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 61,60% (69 responden). Kata kunci: Literasi, Literasi Sains, Mahasiswa. |