Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Biologi Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palu
Nama: RENY SRI RUKANTI
Tahun: 2023
Abstrak
Reny Sri Rukanti, 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran IPA Biologi Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Gamar. B. N Shamdas (2) Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model PBL dalam pembelajaran IPA Biologi terhadap kemampuan komunikasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan siswa pada pelajaran IPA ditinjau dari setiap indikator amatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain post test only control group design. Penelitian dilakukan pada dua kelompok yaitu kelas 8 J Keluarga sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model PBL dan kelas 8 E Adiwiyata sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model konvensional. Data kemampuan komunikasi siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk kemampuan komunikasi lisan dan lembar penugasan untuk kemampuan komunikasi tulisan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis independent sample t test dengan bantuan aplikasi SPSS windows versi 25. Hasil hipotesis kemampuan komunikasi lisan bahwa diperoleh nilai sig. (2tailed) yaitu 0,000 ? 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima yaitu model PBL memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi lisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu, sedangkan hasil hipotesis komunikasi tulisan diperoleh nilai sig. (2tailed) yaitu 0,003 ? 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima yaitu model PBL memberikan pengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi tulisan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu. Persentase tertinggi kemampuan komunikasi lisan siswa pada pelajaran IPA ditinjau dari setiap indikator amatan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu menguasai materi yang akan dijadikan bahan presentasi, sedangkan persentase terendah kedua kelas ini yaitu mampu menjawab pertanyaan guru atau siswa lain. Persentase tertinggi kemampuan komunikasi tulisan siswa pada pelajaran IPA ditinjau dari setiap indikator amatan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu bahasa penulisan dan teknik penulisan, sedangkan persentase terendah kedua kelas ini yaitu isi tulisan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up