Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Pada Siswa Kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Palu
Nama: MUHAMMAD ALIF IDRUS
Tahun: 2022
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA pada siswa kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN Model Terpadu Madani Palu berjumlah 147 siswa yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa terdiri dari 30 orang siswa kelas Ki Hajar Dewantara sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas Raden Saleh sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk essay dan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru serta lembar observasi siswa. Instrumen penelitian telah divalidasi oleh ahli dengan hasil kriteria sangat baik untuk digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data untuk uji hipotesis menggunakan uji independent t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah IPA. Inkuiri terbimbing penting untuk disebar luaskan agar guru menjadi terbiasa menerapkannya.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up