JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTION AND ANSWER (RQA) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI SMAN 7 PALU |
Nama: ANJELI TUNA' |
Tahun: 2022 |
Abstrak Anjeli Tuna, 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Reading Question and Answer (RQA) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMAN 7 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) I Made Budiarsa (2) Mursito S. Bialangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh model pembelajaran Reading Question and Answer terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMAN 7 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran RQA terhadap keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran Biologi pada kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dengan Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji T yang menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005 maka H1 diterima dan HO ditolak. Kata kunci : Keterampilan Berpikir Kritis, Model RQA. |