JudulPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 7 Palu |
Nama: EKSEL DWI PRAUTAMA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik serta mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks PBL pada mata pelajaran biologi kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan menggunakan desain Posttest Only Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelompok yaitu kelas XI.1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning dan XI.2 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Analisis data pada uji hipotesis penelitian menggunakan independent sample T-tes dengan bantuan aplikasi SPSS, sedangkan untuk uji keterlaksanaan sintaks dilakukan dengan menghitung nilai persentase dari lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil uji statistik, diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran biologi, sedangkan pada uji keterlaksanaan sintaks PBL aktivitas guru memperoleh nilai persentase sebesar 70,0% yang dikategorikan baik dan aktivitas peserta didik yang memperoleh nilai sebesar 84,3?n dikategorikan sangat baik. |