JudulDAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 7 PALU |
Nama: HUMAIRAH AB PASORI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak penerapan kurikulum merdeka terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMPN 7 Palu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 40 orang siswa kelas VIII, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi nilai hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 7 Palu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis (uji t) dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel penerapan kurikulum merdeka dan variabel hasil belajar diperoleh nilai sig. 0,004 < 0,05, artinya penerapan kurikulum merdeka berdampak signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kurikulum merdeka di SMPN 7 Palu masih memberikan dampak kecil terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu. Hal ini dibuktikan dari nilai hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA di SMPN 7 Palu belum mencapai nilai KKM. |