JudulIdentifikasi Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPA Biologi Di SMP Negeri 01 Baras |
Nama: RAHMAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Rahmawati, 2022. “Identifikasi Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Pada Pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 01 Baras”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Materimatika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Amran Rede (2) Amiruddin Kasim. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor kesulitan belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 01 Baras. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan VIII B terdiri dari 46 siswa. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan angket faktor kesulitan belajar siswa . Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesulitan belajar siswa khususnya di SMP Negeri 01 Baras meliputi faktor internal dengan hasil persentase 18,48 % termasuk kategori kesulitan siswa sangat rendah, Sedangkan faktor eksternal dengan jumlah persentase 48,89 % termasuk kategori kesulitan siswa cukup rendah. Adapun aspek-aspek kesulitan belajar Internal dan eksternal terdapat pada halaman 32. Dengan nilai rata-rata faktor kesulitan belajar sebesar 67,37 % termasuk kategori kesulitan belajar tinggi. Kesimpulam dari penelitian identifikasi faktor kesulitan belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA Biologi di SMP Negeri 01 Baras adalah siswa kesulitan belajar. Kata kunci: Identifikasi, Kesulitan Belajar, Siswa, Pembelajaran IPA Biologi |