JudulPengaruh Penerapan Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 3 Mepanga |
Nama: HADI PRAMONO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Hadi Pramono, 2022. “Pengaruh Penerapan Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 3 Mepanga”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Syech Zainal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan modul dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Mepanga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan membentuk dua kelompok subjek penelitian yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan modul pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan buku siswa dalam proses pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah Unreated control group design with dependent pretest and posttest samples dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 79.54 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 73.04. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) pada uji t yang lebih kecil dari 0.05 yaitu Sig. (2-tailed) 0.001<0.05, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh penggunaan modul dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Mepanga. Kata kunci: Modul Pembelajaran, Hasil Belajar Kognitif, Pembelajaran IPA Biologi |