Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Kota Palu
Nama: FIRDA DARSAN
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Firda Darsan, 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Di MTS Negeri 1 Kota Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Mohammad Jamhari (2) Syech Zainal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTS Negeri 1 Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental), dengan menggunakan desain posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Negeri 1 Kota Palu yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 238 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIII E yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas VIII D yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis independent sample t tes dengan bantuan aplikasi SPSS windows versi 25. Hasil analisis data diperoleh nilai sig. (2/tailed) yaitu 0,000 < 0,05 artinya H? ditolak dan H? diterima, dengan demikian terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada kelas VIII di MTS Negeri 1 Kota Palu. Kata kunci: Model Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up