Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Palu
Nama: DHIAN ANANDITA JUMADIR
Tahun: 2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Resitasi berbatuan media pembelajaran audio visual di kelas VIII SMP Negeri 21. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 22 siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus berikutnya. Setiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran resitasi berbantuan media pembelajaran audio visual dapat meningkatkan kemampuan literasi digital pada mata pelajaran IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Palu. Pada siklus I hasil observasi aktivitas guru diperoleh nilai 75%, dan observasi aktivitas siswa diperoleh nilai 50% yang dimana pada siklus I aktivitas guru dan siswa masuk pada kriteria cukup. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan nilai aktivitas guru dan siswa yang dimana observasi aktivitas guru diperoleh nilai 82%, dan observasi aktivitas siswa diperoleh nilai 82% yang dimana pada siklus II aktivitas guru dan siswa masuk pada kriteria baik. Adapun hasil yang diperoleh dari nilai angket kemampuan literasi digital siswa pada siklus I diperoleh nilai 65 masuk kategori cukup dan pada siklus II nilai kemampuan literasi digital siswa diperoleh 84 termasuk kategori tinggi. Kata kunci : Metode Resitasi, Media Audio Visual, Literasi digital

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up