Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SMP NEGERI MODEL TERPADU MADANI DAN SMP NEGERI 10 PALU
Nama: MOH AFAN
Tahun: 2024
Abstrak
ABSTRAK MOH AFAN, (2024). Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Negeri Model Terpadu Madani dan di SMP Negeri 10 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Lestari M.P Alibasyah Penelitian ini bertujuan untuk menentukan ketercapaian penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar IPA di SMP Negeri Model Terpadu Madani dan di SMP Negeri 10 Palu dan untuk menentukan perbedaan hasil pembelajaran IPA di SMP Negeri Model Terpadu Madani dan SMP Negeri 10 Palu. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui angket dan nilai hasil belajar sebelum pademic dan di masa pandemic covid 19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri Model Terpadu Madani berjumlah 150 siswa dan SMP Negeri 10 Palu berjumlah 120 siswa. Sampel yang ditarik dari populasi ini berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas VIII SMP Negeri Model Terpadu Madani dan 31 siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Palu. Data di analisis dengan menggunakan SPSS 24 yakni uji statistik non parametrik yaitu uji tanda. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran daring di SMPN Model Terpadu Madani dan SMPN 10 Palu sudah maksimal dan terdapat perbedaan dari hasil belajar sebelum pandemic dan masa pandemic yang dapat dibuktikan berdasarkan rata rata nilai hasil belajar siswa pra covid sebesar 88,55 dan rata rata nilai hasil belajar siswa pada masa covid adalah 86,31, presentase tersebut dibuktikan dalam kriteria penilaian skor akhir dari 80-100% yang merupakan kategori maksimal. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Pandemic Covid-19

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up