JudulKEANEKARAGAMAN DAN POLA PENYEBARAN JENIS TUMBUHAN PAKU (PTERIDOPHYTA) DI DESA KAGEROA DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN |
Nama: INGGRIT YOVANCA PESOBA |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Ingrit Yovanca Pesoba, 2022. “Keanekaragaman dan Pola Penyebaran Jenis Tumbuhan Paku (Pterodophyta) di Desa Kageroa dan Pemanfaatannya sebagai Media pembelajaran”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Astija (2) Mohammad Jamhari. Tumbuhan paku (Pteridophyta) memiliki jenis yang beranekaragam dan mudah tumbuh di daerah pegunungan, namun kelompok tumbuhan ini masih kurang diperhatikan sehingga masyarakat umum termasuk peserta didik banyak yang tidak dapat membedakan tiap jenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat keanekaragaman dan pola penyebaran jenis tumbuhan paku yang terdapat di kawasan Desa Kageroa, Kecamatan Lore Barat serta membuat media pembelajaran yang layak berupa buku saku berdasarkan hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tumbuhan paku yang ada di Desa Kageroa dengan luas sekitar 46630 m2, serta seluruh siswa SMPN 1 Atap Lore Barat. Pengambilan sampel tumbuhan paku dengan menggunakan metode survey dengan teknik jalur berpetak, sedangkan pengumpulan data kelayakan buku saku menggunakan lembar angket. Berdasarkan hasil analisa data menggunakan rumus Indeks Keanekaragaman Shannon-Wiener diperoleh nilai H’ = 2,259 serta hasil perhitungaan menggunakan rumus Indeks Penyebaran Morisita diperoleh nilai id dari 2,68 - 30, indeks keanekaragaman tumbuhan paku di Desa Kageroa berada pada tingkatan sedang karena nilai H’ berada pada rentang 1 - 3 dan seluruh jenis tersebar secara mengelompok karena nilai id > 1. Hasil penelitian telah dimanfaatkan menjadi media pembelajaran dalam bentuk buku saku saku dengan judul Tumbuhan Paku (Pterdophyta) di Desa Kageroa memperoleh nilai persentase kelayakan 87,92% sehingga buku tersebut sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran karena nilai P?rada pada rentang 81,26 - 100. Kata kunci: Keanekaragaman, Pola Penyebaran, Pteridhopita, Media Pembelajaran, Buku Saku. Ingrit Yovanca Pesoba, 2022. “Diversity and Distribution Pattern of Ferns (Pteridophyta) in Kageroa Village and Its Use as Learning Media”. Thesis. Biology Education Study Program, Majoring in Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University, Supervisor (1) Astija (2) Mohammad Jamhari. Ferns (Pterodophyta) have various types and are easy to grow in mountainous areas, but this group of plants is still not appreciated so that the general public, including many students, cannot distinguish each type. This research aims to determine the level of diversity and distribution patterns of ferns found in the Kageroa Village area, West Lore Sub-District and to create appropriate learning media in the form of pocket books based on the results of the research. The research population were all ferns in Kageroa Village with an area of about 46630 m2, as well as all students of SMPN 1 Atap Lore Barat. Sampling of ferns used was a survey method with a checkered path technique while collecting pocket book feasibility data used a questionnaire sheet. Based on the results of data analysis using the Shannon-Wiener Diversity Index formula, the value H' = 2.259 was obtained and the calculation results using the Morisita Spreading Index formula obtained an id value of 2.68 - 30, the diversity index of ferns in Kageroa Village is at a moderate level because the H' value is are in the range 1 - 3 and all types are scattered in groups because id values > 1. The research results have been used as learning media in the form of pocket books with the title Ferns (Pterdophyta) in Kageroa Village obtaining a feasibility percentage value of 87.92% so that the book is very feasible to use as learning media because the P% value is in the range of 81.26 - 100. Keywords: distribution patterns, pterodophyta, learning media, pocket books.? |