JudulDESKRIPSI PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPA PADA SISWA SMP NEGERI 2 SARJO KABUPATEN PASANGKAYU |
Nama: AZMAWATI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Azmawati, 2022. Deskripsi Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Ipa Pada Siswa SMP Negeri 2 Sarjo Kabupaten Pasangkayu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Gamar B. N. Shamdas Pembelajaran dalam jaringan (daring) merupakan penerapan dari pendidikan jarak jauh secara online. Pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan akses bagi siswa untuk memperoleh pembelajaran yang baik dan bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan dan keterampilan guru menggunakan media elektronik, minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA secara daring serta peran orang tua dalam menfasilitasi anaknya untuk mengikuti pembelajaran daring. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Menggunakan 12 indikator amatan terdiri dari 4 indikator minat belajar siswa, 4 indikator kesiapan dan keterampilan guru, dan 4 indikator peran orang tua menfasilitasi anak. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa-siswi SMP Negeri 2 Sarjo yang berjumlah 32 orang yang tersebar pada kelas VII, VIII, dan IX, 2 guru IPA dan 32 orang tua siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sample. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan lembar observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis skala likert dilanjutkan dengan menafsirkan hasil analisis ke dalam kriteria interpretasi skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan dan keterampilan guru menggunakan media elektronik dalam pembelajaran daring mata pelajaran IPA berada pada kategori sangat tinggi, (2) minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA saat mengikuti pembelajaran daring berada pada kategori rendah, (3) peran orang tua dalam menfasilitasi anaknya untuk mengikuti pembelajaran daring berada pada kategori tinggi. Kata Kunci: Guru, Minat Siswa, Orang Tua, Pelajaran IPA, Pembelajaran daring |