JudulPenerapan Pembelajaran Daring Terhadap Ketercapaian Hasil Belajar IPA Di SMP Negeri 1 Palu Dan SMP Negeri 19 Palu |
Nama: PURNAMA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menemukan teknik pembelajaran daring yang tepat terhadap peningkatan ketercapaian hasil belajar IPA di SMP Negeri 1 Palu dan SMP Negeri 19 Palu, dan untuk menunjukkan perbedaan hasil belajar IPA di SMP Negeri 1 Palu dan SMP Negeri 19 Palu melalui pembelajaran Daring. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui wawancara, angket dan nilai hasil belajar sebelum pandemi dan di masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Palu dan SMP Negeri 19 Palu, sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII A SMP Negeri 1 Palu dan SMP Negeri 19 Palu. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 24 yakni uji statistik non parametrik yaitu uji tanda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai hasil belajar di SMP Negeri 1 Palu dan SMP Negeri 19 Palu, yang dimana nilai hasil belajar siswa selama pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Palu lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hasil belajar siswa di SMP Negeri 19 Palu dengan perbedaan nilai rata-rata 90,47 untuk SMP Negeri 1 Palu dan nilai rata-rata 80,36 untuk SMP Negeri 19 Palu dengan selisih 10,11. Kata kunci: Hasil belajar, IPA, Pandemi Covid-19 |