JudulEvaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi Di SMA NEGERI 1 BANAWA TENGAH |
Nama: AFDAHLUL ZIQRI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Afdahlul Ziqri, 2024. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Banawa Tengah” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing (1) Mursito S. Bialangi, (2) Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil evaluasi implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Banawa Tengah. Penelitian ini menggunakan metode CIPP. Komponen-komponen yang menjadi aspek penelitian ini yaitu (1) Context, terdiri dari lingkungan dan keadaan sekolah, pemahaman guru tentang kurikulum 2013; (2) Input, terdiri dari kualifikasi guru, sarana dan prasarana; (3) Process, terdiri dari perencanaan pembelajaran 2013, pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013; (4) Product, terdiri dari hasil belajar siswa, dan laporan penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun sumber datanya diperoleh dari kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru biologi, siswa kelas XI MIPA 1 dan XII MIPA 1 di SMA Negeri 1 Banawa Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen Context berada pada kategori sangat baik dengan angka evaluasi 88,31%, Input berada pada kategori baik dengan angka evaluasi 74,45 %, Process berada pada kategori sangat baik dengan angka evaluasi 91,83?n Product berada pada kategori sangat baik dengan angka evaluasi 94,45%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Banawa Tengah dapat berjalan dengan baik dan efektif. Kata kunci: Evaluasi, Implementasi, Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi, CIPP |