JudulIdentifikasi Miskonsepsi Dalam Materi Fotosintesis Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Satap 2 Tinombo |
Nama: SISKA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Siska, 2024. Identifikasi Miskonsepsi dalam Materi Fotosintesis Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri Satap 2 Tinombo . Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing1Isnainar,S.P.,M.Si.,dan pembibing 2 Hayyatun Mawaddah, S.Pd., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada siswa pada mata pelajaran biologi pada materi fotosintesis. Untuk mengetahui faktorfaktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa dalam materi fotosintesis di SMP Negeri Satap 2 Tinombo. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatuf Penelitian deskriptif kualitatuf yaitu penelitian yang menggunakan kondisi apa adanya dengan menjelaskan temuan yang diperoleh selama penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan berbagai bentuk miskonsepsi terkait materi fotosintesis yaitu beberapa siswa memiliki pemahaman yang parsial atau keliru tentang proses fotosintesis, seperti tidak menyebutkan produk utama oksigen, salah memahami peran klorofil, dan tidak memahami hubungan antara fotosintesis dan respirasi seluler. Bentuk-bentuk miskonsepsi ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang fotosintesis masih belum utuh dan konsisten, yang dapat disebabkan oleh metode pengajaran yang kurang efektif serta kurangnya media dan praktik langsung. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa SMP Negeri Satap 2 Tinombo mencakup beberapa aspek utama. Pertama, metode pengajaran yang kurang interaktif dan tidak menggunakan pendekatan multi-sensori menyebabkan siswa kesulitan memahami konsep fotosintesis. Kedua, keterbatasan alat dan bahan praktik menghambat pemahaman langsung dan konkret siswa tentang proses fotosintesis. Ketiga, pengetahuan awal siswa yang keliru, yang tidak segera diluruskan, memperparah miskonsepsi yang ada. Terakhir, gangguan teknis seperti pemadaman listrik serta kurangnya dukungan dari lingkungan belajar juga turut berkontribusi pada terjadinya miskonsepsi. Kata Kunci : Miskonsepsi, Materi Fotosintesis, Siswa Kelas IX |