Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Hasil Belajar Siswa Antara Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Tentang Biologi Di SMA Negeri 1 Palu.
Nama: FEBI AZ-ZAHRA PUTRI
Tahun: 2021
Abstrak
Febi Az-zahra Putri, (2021). Hubungan Hasil Belajar Siswa antara Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotorik tentang Biologi di SMA Negeri 1 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Mohammad Jamhari. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa SMA Negeri 1 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu quota sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui wawancara (interview) secara langsung. Populasi penelitian ini adalah kelas X, XI, XII MIPA di SMA Negeri 1 Palu dengan jumlah populasi 840 Siswa dan jumlah sampel dalam penelitian ini peneliti mengambil 25?ri jumlah populasi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 25.0 yakni Uji Non-Parametrik (Uji Korelasi Spearman’s). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang sangat rendah antara aspek kognitif dan aspek afektif, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.158, (2) terdapat hubungan yang sangat kuat antara aspek kognitif dan aspek psikomotorik, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.995, (3) terdapat hubungan yang sangat rendah antara aspek afektif dan aspek psikomotorik, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0.155, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa SMA Negeri 1 Palu. Kata Kunci: Aspek Kognitif, Aspek Afektif, Aspek Psikomotorik

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up